Rabu, 24 Agustus 2011

Pengaruh Penguasaan Materi Bilangan Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII di MTs Yapin Ker

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang yang termuat dalam kurikulum sekolah, baik tingkat dasar maupun menengah. Materi dalam matematika telah tersusun sistematis dan memiliki keterkaitan antara satu materi dengan materi yang lainnya. Dalam kurikulum sekarang, materi bilangan ditempatkan pada urutan yang pertama pada tingkat SLTP atau MTs. Penguasaan siswa terhadap materi bilangan diharapkan menjadi modal untuk mempelajari materi-materi berikutnya, diantaranya aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi bilangan siswa kelas VII MTs Yapin Kertasemaya, dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial, serta ingin mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan materi bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial. Kemampuan pemecahan masalah yang dimaksud adalah kemampuan menyelesaikan soal bentuk cerita yang berkaitan dengan materi aritmatika sosial. Dalam menyelesaikannya, diperlukan penguasaan dalam operasi bilangan. Karenanya penguasaan siswa dalam operasi bilangan akan mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada aritmatika sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Yapin Kertasemaya tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A yang berjumlah 34 siswa sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini yakni penguasaan materi bilangan dan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial. Uji yang digunakan adalah uji normalitas, uji kelinieran regresi, dan uji regresi. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan program SPSS 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa penguasaan materi bilangan siswa kelas VII dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 50,63. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial siswa mendapat nilai rata-rata 45,50 sehingga dikategorikan cukup. Persamaan regresi yang terbentuk adalah sebagai berikut Ỳ= 11,45 + 0,66 X. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan materi bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial pada siswa kelas VII MTs YAPIN Kertasemaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh t hitung > t tabel . Adapun besarnya pengaruh penguasaan materi bilangan terhadap kemampuan pemecahan soal aritmatika sosial siswa adalah 47,2 %, dan sisanya dipengaruhi faktor-faktor yang lain.

Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Materi bilangan, Aritmatika Sosial

Tidak ada komentar: